Asam urat merupakan kondisi yang sangat menyakitkan disekitar persendian. Ini terjadi karena terbentuknya penumpukan purin yang menjadi kristal atau radang sendi dan menyebabkan sendi bengkak serta kaku.

Menurut John Fitzgerald, MD, dari departemen reumatologi di UCLA Medical Center di Los Angeles, seringkali asam urat terkait dengan genetika. Namun, kondisi ini juga bisa diperburuk dengan gaya hidup yang tak sehat dan juga obesitas.

Ketika terjadi serangan asam urat, sendi yang kena bisa menjadi bengkak, hangat saat disentuh, dan tampak sangat merah. Bahkan hanya sedikit tekanan pada sendi bisa sangat menyakitkan. Serangan asam urat lebih sering terjadi di tengah malam, sekitar 50 persen dimulai di jempol kaki.

Dengan rasa ketidaknyamanan yang terjadi saat serangan asam urat, penting untuk mengetahui cara mengatasinya. Dilansir dari Everyday Health (20/9/2021) berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika serangan asam urat:

1. Diagnosis

Jika ini adalah pertama kalinya Anda mengalami serangan, segera temui dokter. Asam urat adalah salah satu penyakit yang paling sering diabaikan dan tak terdiagnosis karena data tentang cara mengobati asam urat tinggi masih kurang. Semakin cepat Anda memulai perawatan dan manajemen nyeri, semakin kecil mengalami serangan asam urat.

2. Minum Obat Anti Radang yang Tepat

Ada tiga jenis obat berbeda yang efektif untuk mengatasi asam urat, yakni obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen sodium. Kemudian steroid resep atau resep anti-inflamasi yang disebut colchicine, yang mempengaruhi cara tubuh Anda bereaksi terhadap kristal asam urat.

Meski begitu, obat-obatan asam urat ini harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter. Pasalnya ada beberapa obat yang justru berbahaya bagi ginjal jika dikonsumsi secara asal-asalan.

Baca Juga: Sederet Obat Alternatif untuk Asam Urat, Nomor 2 Manjur Banget Lho!