Apakah kamu pernah mencampur makanan tertentu dalam satu waktu? Meski terasa enak dan menyegarkan, namun perlu hati-hati saat mengonsumsinya, lho.

Memang benar, bahwa anggapan penggabungan makan makanan tertentu bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Pasalnya beberapa makanan bisa saling bertolak belakang di dalam tubuh. Merangkum dari berbagai sumber, berikut lima jenis makanan yang sebaiknya jangan dikonsumsi secara bersamaan.

Mencampur teh dan susu

Sebaiknya mulai sekarang berhenti mengonsumsi teh yang dicampur oleh susu. Seseorang yang minum teh susu di pagi hari, maka bisa mengganggu sistem metabolisme dan menyebabkan perut kembung.

Melansir dari Healthline, bahwa menambahkan susu ke teh dapat mengganggu aktivitas dan penyerapan senyawa antioksidan. Campuran keduanya akan membuat protein pada susu justru mengikat antioksidan dalam teh. Akhirnya, mengonsumsi kedua minuman ini malah menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Makanan pedas dan minuman soda

Faktanya, banyak gerai makanan cepat saji yang menyediakan soda dan beragam makanan pedas. Meski sangat enak memakan makanan pedas dengan meminum soda yang dingin, namun keduanya akan memberi efek buruk terhadap kesehatan.

Makanan pedas sendiri bisa meningkatkan suhu tubuh. Sedangkan saat kamu minum soda saat suhu tubuh meningkat, kandungan soda pun berubah menjadi asam sulfur.

Nah asam sulfur ini kurang baik bagi kesehatan dan berbahaya bagi pencernaan. Lebih parahnya, kandungan ini dapat menyebabkan keracunan!