Beauty, mendengar kata ‘kanker’ pasti bakal membuat kita bergidik. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Dokter spesialis Kebidanan dan kandungan konsultan onkologi di RS Kanker Dharmais, dr. Muhammad Yusuf, SpOG (K) Onk., menuturkan, siapapun bisa terkena kanker, tak terkecuali wanita, bahkan ibu hamil (bumil) sekalipun.

“Karena kita tahu sendiri bahwa kanker itu gak memilih siapa dan usia-usia tertentu, mulai dari bayi sampai usia tua, mulai laki-laki sampai wanita itu berpotensi untuk menderita kanker. Terutama dari top five kanker yang bisa diidap oleh wanita, yang mana pasien-pasien itu pada umumnya dia gak tau dia hamil, namun di saat bersamaan dia menderita kanker,” tutur dr. Yusuf, belum lama ini.

Dikatakan dr. Yusuf, jenis-jenis kanker yang kerap terjadi pada wanita, tak terkecuali menyasar wanita hamil, diantaranya adalah kanker serviks, kanker indung terlur, dan kanker vulva atau vagina.

“Ini seringnya terjadi pada wanita di usia reproduktif. Sementara kalau kanker rahim, mostly terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun, atau di usia yang tak reproduktif lagi,” imbuhnya.

Menurut dr. Yusuf, kanker serviks menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para wanita. Kanker serviks ini Bahkan di Indonesia, kanker serviks menempati peringkat kedua yang paling banyak setelah kanker payudara.

Kanker serviks sendiri menyerang serviks atau leher rahim. Serviks berfungsi untuk memproduksi lendir atau mukus yang bisa mengarahkan sperma dari vagina ke rahim.

“Di bidang ginekologi sendiri itu paling banyak kasus kanker serviks. Ini bisa dibilang beban di negara kita juga, karena setiap jam wanita di Indonesia itu ada yang meninggal satu orang karena kanker serviks, artinya ini (penyakit) luar biasa,” imbuhnya.

Baca Juga: Jangan Parno! Kanker Payudara Ternyata Bisa Dicegah, Begini Saran Dokter