Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi ibu hamil. Serat diketahui dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar (BAB) yang umum terjadi pada ibu hamil.

Dilansir dari Parenting First Cry, serat adalah senyawa baik yang dapat membuat perut kenyang tanpa harus menambahkan kalori ekstra ke dalam tubuh. Mengonsumsi serat yang cukup diketahui dapat membuat sistem pencernaan lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Itu karena serat dapat membantu tubuh menghilangkan limbah yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat serat lain untuk ibu hamil, seperti membantu menjaga berat badan selama hamil, mencegah sembelit, mengatur gula darah, hingga mengurangi risiko masalah jantung.

Apa saja makanan kaya serat yang dibutuhkan ibu hamil? Berikut rangkuman empat daftar makanan berserat tinggi yang bisa Moms coba.

Pepaya dan Pir

Menurut para ahli gizi, raspberry, blackberry dan stroberi adalah pilihan buah berserat tinggi yang sangat baik. Buah ini tidak hanya mengandung serat tinggi tetapi juga kalium, magnesium, vitamin C, vitamin E, dan folat.

Selain itu, buah pir yang dikonsumsi dengan kulitnya juga memiliki jumlah serat, vitamin, dan mineral penting lainnya yang baik untuk tubuh. Terakhir adalah pepaya. Buah pepaya diketahui dapat membantu melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme atau mencegah sembelit.

Baca Juga: Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi agar Tak Menderita Hipertensi, Sudah Tahu Belum?

Enzim papain di dalamnya juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino, yang bersifat menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna.