Menu

4 Cara Mengonsumsi Bawang Putih untuk Atasi Darah Tinggi, Bisa Dicoba di Rumah

Nada Saffana
21 September 2021 13:30 WIB
4 Cara Mengonsumsi Bawang Putih untuk Atasi Darah Tinggi, Bisa Dicoba di Rumah

Bawang putih. (Unsplash/Bryam Blanco)

HerStory, Jakarta —

Ingin menurunkan tekanan darah tanpa efek samping obat antihipertensi? Ada banyak herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang biasa digunakan dalam pengobatan rumahan.

Salah satu obat rumahan yang sering digunakan karena efektivitasnya menurunkan tekanan darah adalah bawang putih. Manfaat kesehatan dari bawang putih dikaitkan dengan senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin, dialil disulfida, dialil trisulfida, dan lain-lain.

Bawang putih juga merupakan sumber antioksidan, seperti selenium, germanium, vitamin dan mineral. Allicin, konstituen aktif yang ada dalam bawang putih, terutama bertanggung jawab atas efek penurunan tekanan darah.

Allinase adalah enzim yang dilepaskan ketika kita menghancurkan, memotong atau mengunyah bawang putih mentah. Kemudian ia mengalami serangkaian reaksi, menghasilkan pembentukan allicin.

Ada berbagai resep pengobatan alami untuk tekanan darah tinggi. Di antaranya, mengunyah 1-2 siung bawang putih setiap hari sebagai cara termudah dan paling sederhana untuk mengurangi tekanan darah.

Dilansir dari Boldsky (21/9/2021) berikut ini 4 cara mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah:

1. Bawang Putih Mentah

Makan bawang putih mentah segar adalah salah satu obat herbal untuk tekanan darah tinggi. Mengunyah akan mengaktifkan allinase untuk melepaskan allicin secara maksimal. Ini harus dikonsumsi dalam waktu 1-2 jam setelah mengaktifkan allicin untuk mendapatkan manfaat kesehatan potensial penuh.

Anda dapat mengonsumsi 1-1,5 gram bawang putih segar, mentah atau kering setiap hari untuk mengontrol tekanan darah.

Halaman: