Sayuran adalah bahan makanan yang menyehatkan karena mengandung sejumlah nutrisi. Namun, tahu gak, Beauty, tanpa disadari kita sering melakukan beberapa kesalahan sepele saat memasak sayuran, lho. Alih-alih sehat, justru itu akan menghilangkan nutrisi pada sayuran sendiri.

Nah, perlu kamu ketahui ya, Beauty, ternyata ada beberapa kebiasaan yang salah saat memasak sayuran yang nantinya akan membuat sayuran menjadi tak renyah, tak segar, bahkan nutrisinya hilang.

Dirangkum HerStory dari berbagai sumber, berikut rentetan kesalahan dalam memasak sayuran yang kerap disepelekan. Yuk scroll ke bawah, Beauty!

1. Mengupas atau membuang bagian penting dari sayuran

Nah, kesalahan pertama yang kerap dilakukan adalah mengupas atau membuang bagian penting dari sayuran, Beauty.

Perlu kamu tahu, beberapa sayuran yang bagian batang dan kulitnya justru menyimpan vitamin dan mineral yang lebih tinggi ketimbang dagingnya. Misalnya batang pada brokoli dan bayam, atau kulit pada kentang dan mentimun. Jadi, sayang banget kalau malah kamu buang.

2. Memotong sayuran dengan ngasal

Ini juga harus diperhatikan, Beauty. Sayuran yang dipotong dengan ukuran yang gak sama besar, tingkat kematangannya bakal gak akan rata saat dimasak, lho. Tak hanya itu, nutrisi dari sayuran yang terlalu matang juga gak akan sebanyak sayuran lain yang matangnya pas dan masih renyah.

3. Gak dicuci bersih dulu sebelum dimasak

Ingat ya, Beauty, beberapa sayur kerap meninggalkan bahan kimia seperti pestisida. Contohnya seperti sayur bayam, seledri, paprika, dan tomat. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mencucinya hingga benar-benar bersih. Kalau gak, ini akan memungkinkan residu kimiawi masuk ke tubuh yang bisa menyebabkan sakit perut, mual, dan diare.

4. Memakan Sayuran Mentah

Hayo siapa yang suka makan wortel dan tomat mentah? Kebanyakan orang pasti suka melakukannya, karena memakan wortel atau tomat mentah teksturnya renyah dan manis.

Tapi sebenarnya ini bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin harian, lho Beauty. Berdasarkan laporan International Food Research Journal, wortel dan tomat harus direbus sebelum dimakan untuk menjaga nutrisinya.

5. Menumis dengan Banyak Minyak

Ingat ya, Beauty, ada baiknya saat memasak sayuran kamu sebaiknya menggunakan minyak sedikit saja. Pasalnya, jika minyak yang kamu gunakan terlalu banyak, maka kalori makanan juga akan tinggi.

"Mulailah dengan 1 sendok makan minyak zaitun (extra virgin olive oil) dan aduk untuk melapisinya. Dan jika masih terlihat agak kosong, Anda bisa menambah lebih banyak. Sayuran tidak boleh licin karena minyak, hanya lapisi sedikit," papar Frances Lagerman-Roth, ahli diet dan penulis, seperti dikutip LiveStrong.

Baca Juga: 4 Tanda yang Dialami Tubuh saat Kekurangan Asupan Sayur, Waspada Penyakit Jantung!