Setiap anak tentu memiliki keunikannya masing-masing-masing. Anak pertama atau anak sulung dikenal dengan orang yang mandiri dan juga memiliki kepribadian yang kuat.

Enggak hanya itu, ternyata urutan kelahiran juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Hal tersebut diungkap dalam sebuah studi yang dilakukan di University of Auckland, New Zealand.

Dalam studi tersebut dikatakan bahwa anak pertama rentan mengalami hipertensi dan juga diabetes. Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi, ya?

Penelitian yang menganalisis tes darah, berat badan, dan komposisi tubuh dari 85 anak sehat dengan rentang usia 4-11 tahun ini menemukan bahwa anak-anak yang dilahirkan sebagai anak pertama memiliki sensitivitas hormon insulin yang rendah sehingga membuatnya rentan menderita diabetes,

Selain itu, anak pertama juga dikatakan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding anak-anak yang dilahirkan sebagai anak kedua dan seterusnya.

Para ahli berasumsi kalau perubahan yang terjadi di dalam rahim ibu saat kehamilan pertamanya dapat memengaruhi aliran nutrisi yang menyebabkan timbulnya perbedaan metabolisme pada saudara kandung yang dilahirkan berikutnya.

Baca Juga: Studi: Anak Sulung Cenderung Suka Selingkuh Lho! Pasanganmu Gimana?