Moms, gak semua permintaan anak harus dipenuhi karena dapat membuatnya menjadi manja. Tapi, terkadang suka bingung gimana cara menolak yang baik supaya anak bisa mengerti. 

Mengabulkan segala permintaan anak akan membawanya menjadi pribadi yang manja. Dimana terlalu memanjakan anak dapat berdampak buruk bagi perkembangan dirinya. 

Tetapi, penolakan bukanlah satu-satunya cara agar anak berhenti untuk meminta sesuatu. Karena ia justru malah akan semakin penasaran. Sebab anak memang membutuhkan alasan yang logis supaya ia dapat mengenal dan memahami hal-hal baru. 

Menurut Samanta Elsener selaku Psikolog Anak, ia mengatakan kalau sebaiknya menghindari kata 'Jangan' atau 'Enggak' saat memberikan penolakan terhadap permintaan anak. 

Tapi, Moms bisa mencoba 4 cara ini yang Samanta bagikan melalui unggahan di laman media sosialnya (22/9). 

1. Memberikan Alasan

Ketika akan menolak permintaannya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberitahukan alasannya secara logis. 

2. Konsisten

Meski melihat anak sampai menangis lantaran permintaannya tak dipenuhi, Moms harus bisa konsisten dengan keputusan diawal. Jika berubah pikiran, hal tersebut dapat dijadikan senjata bagi anak untuk menangis agar permintaannya dapat terpenuhi. 

3. Menawarkan Sesuatu yang Lain

Jika memungkinkan, tak ada salahnya penolakan yang diberikan dengan cara menawarkan sesuatu yang lain namun tetap dengan porsi enak dan enak bagi anak dan Moms. Misal, anak meminta dibelikan kue yang mahal, Moms bisa menawarkannya dengan membelikan cemilan kesukaannya dan memberitahukan alasan kalau kue tersebut mahal. 

4. Memberikan Feedback

Ketika melihat anak yang nurut saat Moms menolak permintaannya, jangan lupa untuk memberikannya apresiasi karena sudah mau mengerti kondisi Moms.