Beauty, apakah kamu doyan memakan ikan? Ya, ikan memang memberikan banyak manfaat dan nutrisi yang berguna bagi tubuh.

Meski begitu, kamu perlu waspada ya, sebab ada banyak ikan yang berkualitas rendah dijual di pasaran. Jika salah membeli, alih-alih sehat, kamu bisa keracunan lho!

Nah, biar kamu senantiasa mendapatkan ikan yang segar sesuai jenisnya, intip tips memilih ikan di bawah ini yuk, Beauty, sebagaimana dilansir dari laman hipwee, Jumat (24/9/2021).

1. Tips memilih ikan kembung

Wajib diketahui, ya Beauty, saat memilih ikan kembung, pilihlah ikan dengan mata yang jernih, pupil mata berwarna hitam, dan kornea mata jernih.

Selanjutnya, cek tekstur ikan kembung. Pilihkan ikansegar cenderung elastis dan padat. Permukaan tubuh ikan kembung yang segar bisa berlendir tipis, bening, dan cerah. Namun, jika lendir justru berbau amis atau busuk, maka itu menandakan ikan sudah tidak segar.

Terakhir, untuk memastikan daging ikan segar, kita bisa membelah dagingnya. Jika daging masih melekat kuat pada tulang maka itu menandakan ikan kembung masih segar.

2. Tips memilih ikan gurami

Pertama, pilihlah gurami yang gak terlalu besar, sekitar 300-350 gram saja. Gurami yang terlalu besar biasanya alot dan keras karena umurnya sudah tua sehingga rasanya tidak segar lagi.

Selanjutnya, buka insang gurami dan pilih ikan yang insangnya berwarna merah hati. Mata pada ikan gurami yang masih segar akan cembung dan menonjol keluar, tidak layu. Untuk dagingnya, jangan pilih yang lembek, pencet daging dan lihat apakah kembali seperti semula atau tidak.

3. Tips memilih ikan salmon

Ciri pertama yang menandakan ikan salmon masih segar bisa dilihat dari warna matanya yang bening, bukan putih. Kemudian, pastikan aroma ikan salmon terasa seperti air laut, yakni asin segar tanpa bau amis yang tidak enak.

Kita juga bisa mengetahui ciri ikan salmon yang segar dengan menekan dagingnya. Kalau daging setelah ditekan kemudian balik lagi, maka itu menandakan ikan dalam keadaan segar.

Baca Juga: Waspada! 5 Makanan Sehat Ini Bisa Picu Penyakit Jika Dikonsumsi Terlalu Sering, Perhatikan Ya