Menggunakan sunscreen setiap hari adalah bagian terpenting dari rangkaian skincare setiap hari. Meski hanya keluar rumah sebentar, bukan berarti kita boleh melupakan hal yang satu ini. Terlebih di negara beriklim tropis, sinar matahari akan selalu ada kapanpun.

Tanpa sunscreen, kulit akan terekspos secara langsung dan berpotensi mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari. Rajin mengaplikasikan sunscreen pada kulit semenjak dini bisa menjadi suatu bentuk investasi, lho Beauty!

Meski tak dirasakan sekarang, namun jika malas menggunakan sunscreen, kamu mungkin akan menyesal setelah 10 tahun mendatang karena mengalami penuaan dini. Apa saja sih manfaat sunscreen selain melindungi kulit dari sinar matahari? Berikut manfaat menggunakan sunscreen yang perlu kamu ketahui.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Selain menstimulasi produksi Vitamin D pada tubuh, sinar matahari juga dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi kulit jika kamu tak melindunginya dengan tepat. Dampak buruk yang diberikan oleh sinar UV dari matahari ini bisa langsung dilihat seperti kulit terbakar, iritasi.

Dalam jangka panjang bisa berakibat lebih parah lagi seperti timbul kerutan halus, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki Indeks UV yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kulit selalu membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Menjaga warna kulit tetap merata

Jika kamu malas menggunakan sunscreen, bukan hal mustahil kalau kamu mengalami hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi saat warna kulit pada wajah atau bagian tubuh lainnya tidak merata.

Kondisi ini diakibatkan tubuh yang memproduksi zat melanin, yaitu zat yang berperan dalam memberi warna kulit tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Nah, meningkatnya produksi zat melanin pada kulit ini disebabkan oleh radiasi UV dari sinar matahari.

Baca Juga: Dapatkan Vitamin D dari Berjemur, Ini Sederet Manfaatnya bagi Kesehatan!

Selain dapat menghindari produksi zat melanin berlebih, menggunakan sunscreen juga dapat mencegah masalah kulit lainnya seperti kulit kering, kasar dan iritasi yang disebabkan oleh radiasi dari sinar UVB. Sedangkan sinar UVA dapat memunculkan flek hitam sehingga membuat warna kulitmu tak merata.