Ketika makan, kita seringkali mencampurkan atau mengkombinasikan makanan kita agar bisa menimbulkan sensasi rasa yang unik. Tetapi, ternyata mengkombinasikan makanan secara bersamaan bisa menyebabkan tidak maksimalnya penyerapan nutrisi. 

Tak hanya soal terhambatnya penyerapan nutrisi, makanan tertentu juga membutuhkan kondisi pencernaan yang berbeda. Saat dikonsumsi bersamaan, kombinasi makanan tertentu dapat menyebabkan rasa kembung, gas, dan masalah yang lebih serius.

Kira-kira apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan? Simak penjelasan berikut ini dilansir dari Klik Dokter, Senin (27/9/2021). 

1. Pisang dengan Susu

Pisang ternyata tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan susu lho. Apalagi susu yang tinggi protein atau yang mengandung pH 7. Hal ini karena keduanya sulit dicerna secara bersamaan.

2. Bir dengan Hamburger

Kombinasi makanan ini memang sering kita lihat sebagai kombinasi yang sangat enak. Namun kedua kombinasi makanan tersebut tidak mengandung nutrisi yang baik.

Sementara itu, burger mengandung lemak tinggi. Alkohol dan lemak diproses di hati. Tubuh akan lebih dahulu memproses alkohol karena dianggap sebagai toksin.

Kondisi ini akan menyebabkan lemak dari burger tertinggal di peredaran darah dan disimpan sebagai cadangan. Lemak yang lebih lama dicerna oleh tubuh juga dapat menimbulkan rasa kembung atau begah.