Kolesterol tinggi dapat menyumbat pembuluh darah. Ketika ini terjadi, tubuh akan berisiko alami masalah kesehatan yang kronis, seperti stroke dan serangan jantung.

Banyak yang berpikir bahwa jantung adalah satu-satunya organ yang terpengaruh dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Tapi ternyata enggak hanya itu, kolesterol mampu menghasilkan lebih banyak kerusakan pada tubuh.

Faktanya kolesterol juga dapat menimbulkan gejala di bagian kaki lho. Kondisi ini dikenal sebagai arteri perifer. Mereka yang menderita kondisi ini rentan terhadap serangan jantung dan stroke.

Dilansir Boldsky (27/9/2021) nyeri di kaki adalah gejala pertama yang akan dirasakan. Alasan di balik ketidaknyamanan itu adalah arteri yang tersumbat. Kurangnya suplai darah membuat kaki terasa lelah atau sakit.

Lantas bagian kaki mana yang mengalami nyeri?

Bagian yang nyeri meliputi, bokong, betis, paha, atau area lain di kedua kaki Anda rentan terhadap kondisi ini. Pada beberapa orang, rasa sakit dimulai ketika mereka mulai berjalan dengan jarak yang lumayan jauh. Dan setelah istirahat sebentar, rasa sakitnya hilang untuk kembali lagi saat berjalan.

Selama tidur, orang tersebut mungkin juga mengalami kejang atau kram. Mereka terjadi di jari kaki, kaki depan atau tumit. Ketika aliran darah ke daerah yang terkena meningkat, rasa sakit berkurang.

Mengubah posisi kaki juga dapat membantu ringankan kondisi ini. Karena kaki tak mendapatkan cukup sirkulasi darah, kuku jari kaki terlihat pucat dan rambut di kaki tak tumbuh dengan cepat saat dicukur.

Baca Juga: Moms, Jangan Khawatir! Ini Cara Masak Santan Tanpa Takut Kolesterol Menghantui

Ketika orang tersebut duduk untuk waktu yang lama, warna kaki bisa menjadi pucat karena kekurangan darah yang mengalir ke sana. Beberapa orang bahkan mengalami borok kaki yang tak dapat hilang dengan cepat. Mereka umumnya terlihat coklat dan bahkan dapat menyebabkan rasa sakit