Ketika tubuh mulai mengidap suatu penyakit, tentu kita harus mempertimbangkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, ketika terdiagnosis diabetes, kita tentu harus memilih makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak dikonsumsi. Terlebih, penderita diabetes memiliki sederet pantangan makanan yang harus dipatuhi. 

Salah satu makanan yang sering ditanyakan apakah boleh dikonsumsi atau tidak bagi penderita diabetes adalah durian.

Apakah Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Durian?

Sayangnya, salah satu makanan yang pantang dikonsumsi diabetesi adalah durian. Pasalnya disampaikan  Dr. dr. Aris, Sp.PD., KEMD., Ketua PEDl (Perhimpunan Edukator Diabetes lndonesia), si 'raja buah' ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang begitu cepat dalam tubuh setelah dikonsumsi.

Dilansir dari Suara.com, Selasa (28/9/2021), menurut dr. Aris, durian bisa secara cepat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini lah yang menjadi penyebab bahwa penderita diabetes harus membatasi konsumsi buah ini.

Sebenarnya, kata dr. Aris, diabetesi diperbolehkan mengonsumsi durian, asal mematuhi persyaratan ini. Ya,  dibanding melarang diabetesi untuk menikmati beragam makanan, dr. Aris lebih senang mengedukasi penderita diabetes untuk bisa menjalani hidup secara normal.

Salah satunya dengan memberi resep aman mengonsumsi durian. Menurut dr. Aris, agar lonjakan gula darah tidak terjadi terlalu cepat usai mengonsumsi durian, maka diabetesi harus mengonsumsi sayuran dalam jumlah tertentu. Hal ini bertujuan untuk menghambat penyerapan gula dari buah durian di dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.