Kolesterol jadi salah satu masalah kesehatan yang bisa meningkatkan risiko penyakit kronis. Meskipun begitu, kolesterol tetap memiliki manfaat untuk tubuh lho. Tapi, kamu perlu mengatur kadar kolesterol dalam batas yang normal.

Nah, kebanyakan orang mengatasi kolesterol tinggi adalah mengonsumsi obat-obatan medis. Tapi, ternyata kolesterol bisa diturunkan dengan menggunakan rempah-rempah sebagai obat herbal.

Rempah-rempah yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol adalah jahe. Ya, jahe dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Saudi Medical Journal melakukan uji coba penggunaan tiga gram bubuk jahe kepada 85 individu selama 45 hari untuk menurunkan kolesterol.

Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan jahe sebagai obat herbal berhasil menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh pada sebagian besar individu.

Penelitian lain menggunakan lima gram bubuk jahe kepada 60 pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi dengan kelompok usia 18-70 tahun.

Setelah mengonsumsi 5 gram bubuk jahe setiap hari selama tiga bulan, kadar kolesterol LDL di dalam darah berhasil menurun hingga 17.41 kadar kolesterol total hingga 8.83 persen.

Tak hanya itu saja, kadar trigliserida di dalam darah pun ikut menurun, sementara kadar HDL atau kolesterol baik meningkat. Dengan begitu, kamu bisa mencoba menggunakan jahe sebagai obat alami jika ingin menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Moms, Jangan Khawatir! Ini Cara Masak Santan Tanpa Takut Kolesterol Menghantui

Selain mengonsumsi jahe dalam bentuk suplemen, kamu juga bisa mengonsumsi bubuk jahe atau menambahkan jahe ke dalam berbagai makanan yang kamu konsumsi

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.