Baca Juga: Survei: 97% Wanita Enggak Sadar Pentingnya Sunscreen

Tren dalam industri kecantikan beberapa tahun belakangan ini sedang ramai mengidam-idamkan memiliki kulit yang glowing. 82,5% wanita menganggap cantik itu artinya memiliki kulit cerah dan glowing. Ada yang lebih penting daripada memiliki tampilan kulit yang glowing, yaitu memiliki kulit yang sehat. dr. Dara Ayuningtyas selaku Head Medical & Training di Clinic Zap dalam acara konferensi pers Zap Beauty Index menungkapkan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing.

Hal pertama adalah pahami komposisi dari skincare yang digunakan. Dengan perkembangan teknologi, banyak wanita yang sudah mulai sadar untuk menganalis komposisi dalam skincare yang memang cocok digunakan sesuai kulitnya karena pengaruh dari influencer.

"Wanita Indonesia banyaknya yang sadar pentingnya komposisi dari skincare yang digunakan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan pada saat kita memilih skincare, yang pertama kita harus tahu dulu jenis kulit kita. Enggak semuanya yang saya pakai itu cocok dengan semua jenis kulit, karena jenis kulit itukan ada normal, kering, sensitif, berminyak. Jadi kita harus tahu jenis kulit kita tuh seperti apasih. Dengan seperti itu kita akan tahu kira-kira komposisi mana yang cocok untuk kulit kita,"

Baca Juga: Survei: 97% Wanita Enggak Sadar Pentingnya Sunscreen

Selanjutnya yang kedua, sesuaikan produk dengan masalah kulit. Enggak semua wanita memiliki jenis kulit yang normal. Setiap jenis kulit pasti ada masalah, misalkan jerawat.

"Jangan berpikir misalnya jerawatan pasti tipe kulit saya berminyak pasti cocoknya dengan satu produk jadi kalo kulit kering juga bisa jerawatan tapi enggak semua produk untuk kulit berminyak cocok untuk kulit kering jadi harus tau gimanasi kondisi kulit kita untuk memilih produk yang cocok.

Ketiga, teliti memilih komposisi produk karena setiap produk memiliki fungsi yang berbeda. Pastikan produk yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

"Nah sekarang banyak yang terkenal ada niacinamide, hyaluronic acid terus retinol. tujuansetiap produk itu beda-beda tergantung kita mau apa dulu, contoh niacinamide atau retinol itu golongan yang sama tapi retinol itu lebih kenceng proses pelumatannya dibandingkan niacinamide. Nah jadi kulit sensitif untuk pengelupasan lebih bagusĀ niacinamide dibanding retinol. Sedangkan hyaluronic acid berfungsi merangsang kolagen yang sebenarnya kita juga menghasilkannya di dalam tubuh tapi bertambahnya usia mulai berkurang jadi kita butuh dari luar untuk menjaga kolagen kita tetap elastis," tutur dr. Dara.

Selanjutnya adalah pastikan tanggal expired setiap ingin membeli produk kecantikan, hal itu memang terkesan sepele tapi penting dilakukan.

"Setiap beli perhatikan expirednya yang paling bagus itu 6-12 bulan sebelum expired digunakan. Jadi kalo udah 6-12 jangan dipake lagi," tambahnya. "Ada orang yang make krim waja lalu merasa gatel, merah-merah biasanya 1 minggu termasuk normal kecuali timbul bengkak dan perih itu tidak normal harus segera distop. Untuk beradaptasi kulit normalnya membutuhkan waktu 1-2 minggu."