Baca Juga: Mau Berolahraga? Ini Skincare yang Wajib Kamu Gunakan Sebelum Berolahraga!

Survei yang dilakukan oleh Zap Clinic yang bertajuk Zap Beauty Index 2020 menghasilkan hampir 97% wanita enggak sadar betapa pentingnya menggunakan sun screen. Padahal hasil lain dari penelitian ini banyak wanita yang sangat menyukai treatment laser di klinik. Laser sendiri memiliki banyak fungsi salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati.

"Hasil dari Beauty Index banyak banget wanita indonesia yang memilih untuk laser, tapi ternyata hampir 97% wanita indonesia gak sadar untuk penggunaan sunscreen. ini yang sangat jadi PR mungkin untuk wanita indonesia," ujar dr. Dara Ayuningtyas selaku Head Medical & Training di Clinic Zap.

Ia mengungkapkan betapa pentingnya penggunaan sunscreen untuk kulit dan efek jangka panjang yang akan terjadi jika jarang menggunakan sunscreen.

"Kenapa kita enggak sadar untuk penggunaan suncreen padahal suncreen itu udah banyak banget kesediaannya mulai dari gel, foam, stick sekarang enggak perlu repot nyolek-nyolek lagi di potnya," kata dr. Dara.

Baca Juga: Ingin Memiliki Wajah Sehat dan Glowing? Ini Saran Expert

Hal penting yang harus diketahui adalah bahaya dari sinar matahari yang mengandung UV A dan UV B. Dikatakan bahwa UV A yang lebih berbahaya untuk kulit dibandingkan UV B yang memberikan efek singkat di kulit seperti sun burn.

"Paparan sinar matahari yang mengandung UV A dan B dimana UV A itu sangat menghawatirkan buat kulit kita bisa mengakibatkan flek hitam di kulit, penuaan dini juga jangka panjangnya bisa kanker kulit. Kalau UV B itu memang efeknya singkat. Sayangkan udah perawatan tapi karena enggak pakai sunscreen jadi rusak kulitnya. Jadi penting banget penggunaan sunscreen," tuturnya.

dr. Dara juga menjelaskan ada dua jenis sunscreen yang tersedia, yaitu physical dan chemical sunscreen. Jenis physical sunscreen mampu menolak sinar matahari, sedangkan chemical sunscreen hanya menahan sinar matahari di bagian krimnya tanpa meresap ke kulit. Untuk tingginya spf, ia mengatakan setiap orang membutuhkan jumlah yang berbeda.

"Untuk spf tergantung setiap orang beda-beda, faktor pembakaran kulit seseorang itu beda. Jika untuk pengulangan sunscreen yang disarankan 2 jam sekali," tutup dr. Dara.