Beauty, tahu gak, dewasa ini banyak sekali anak muda kerap mengalami pikun atau alzheimer. Padahal, pikun  biasanya lekat dengan predikat penyakit lansia.

Dilansir dari alzi.or.id, sekitar 60-70 persen dari kasus demensia atau pikun merupakan alzheimer. Orang dengan alzheimer ini biasanya akan mengalami penurunan fungsi otak termasuk kognitif termasuk kemampuan daya ingat, bahasa, fungsi visuospatial dan fungsi eksekutif mereka menurun. 

Meski pikun terkesan penyakit sepele, kamu tetap harus waspada, ya Beauty. Karena dampaknya bisa berbahaya jika gak dicegah dan ditangani sejak dini.

Nah, biar kamu bisa lebih waspada, kenali 9 tanda-tanda pikun yang merupakan gejala ‘penyakitnya orang tua’ ini mulai menyerang.

Dikutip dari laman hipwee, berikut HerStory rangkum tanda-tandanya, yuk scroll ke bawah, Beauty!

1. Kerap kehilangan memori tentang sesuatu yang baru saja terjadi

Nah, salah satu gejala yang bisa jadi peringatan di awal adalah saat seseorang sering melupakan banyak hal. Lebih detailnya, ia sering melupakan hal yang baru saja terjadi. Contohnya nih, mudah lupa nama-nama orang yang dikenalnya. Ini karena, kemampuannya untuk berkonsentrasi juga mengalami penurunan. Kamu pernah mengalaminya?

2. Suka meletakkan barang sembarangan

Nah, kebiasaan ini bisa jadi tanda pikun, lho Beauty. Parahnya lagi, terkadang mereka malah suka menuduh orang lain memindahkan dan mencuri barang tersebut. Ampun!

3. Sulit fokus terhadap pekerjaan

Tanda-tanda kamu mulai pikun selanjutnya, kamu merasa sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Misalnya, kamu akan lupa dan bingung bagaimana caranya makan, mandi, tidur, berangkat ke sekolah, bekerja dan lain sebagainya.

Saat harus melakukan sesuatu, seringnya ia mudah terdistraksi sehingga butuh waktu lebih lama untuk memutuskan dan menjalankan sebuah pekerjaan. 

Baca Juga: Keren Banget! Rayakan Ulang Tahun ke-50, Hero Supermarket Ciptakan Suasana Ramah bagi Lansia dan Demensia