Buah nangka merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Beberapa penelitian mengungkapkan ekstrak daun dan batang buah nangka bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Konsumsi daging buahnya juga diyakini aman untuk penderita diabetes.

Tapi, apakah buah ini benar-benar aman untuk dikonsumsi? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021).

Dilansir dari Healthline, 150 gram buah nangka mengandung nutrisi berikut ini:

- 143 kalori

- 1 gram lemak

- 3 gram protein 

- 35 gram karbohidrat

- 2 gram serat

Selain itu, buah nangka merupakan sumber vitamin B6 dan antioksidan vitamin C yang sangat baik. Di dalam 150 gram buah nangka terdapat kandungan vitamin B6 yang mampu mencukupi 29 persen kebutuhan gizi harian. 

Buah nangka dengan takaran yang sama juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 23 persen. Vitamin B6 dan vitamin C di dalam buah nangka berperan penting untuk memproduksi energi dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Manfaat tersebut dapat membantu mencegah peradangan kronis penyebab penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Nangka sendiri memiliki indeks glikemik (GI) dan beban glikemik (GL) yang sedang. Perlu Anda tahu, sistem klasifikasi GI dan GL digunakan untuk mengevaluasi makanan dengan karbohidrat dan pengaruhnya terhadap gula darah.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!