Beauty, apa kamu punya kebiasaan membekukan bahan makanan di freezer?

Membekukan di freezer jadi pilihan untuk memperpanjang 'umur' makanan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, risiko kan, kalau sebentar-sebentar harus pergi keluar rumah untuk belanja?

Tapi perlu kamu tahu nih, Beauty, membekukan bahan makanan ternyata bisa menimbulkan efek bermacam-macam, lho.

Ada yang membuat nutrisi pada makanan hilang, membuat makanan lain terkontaminasi bakteri, dan tak pelak juga bisa mengubah tekstur serta rasa, lho.

Lantas, makanan apa saja yang gak boleh dibekukan?

Berkut Hertory telah merangkumnya dari berbagai sumber, simak ya, Beauty!

1. Daging yang dimasak

Daging merupakan bahan makanan yang lazimdisimpan di dalam freezer agar awet dan tetap segar.

Namun, untuk daging yang telah dimasak, sebaiknya jangan simpan ya! Karena justru bisa bikin bahan makanan lain yang berada di dalam freezer cepat busuk!

2. Makanan yang digoreng

Kamu punya sisa makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, atau nugget dan ingin menyimpan di freezer? Sebaiknya urungkan niatmu, ya Beauty!

Dilansir dari cnet.com, biasanya makanan goreng yang dibekukan akan membuatnya menjadi basah, bahkan jika kamu menggorengnya kembali. Minyak akan meresap ke seluruh bahan dan tentu mengubah rasa makanan.

3. Pasta

Nah, makanan lain yang ‘haram’ dimasukkan ke freezer adalah pasta. Pasta yang sudah dimasak dan dibekukan akan membuat tekstur menjadi kurang enak meskipun sudah dipanaskan. Gak hanya itu saja, pasta akan berubah menjadi gumpalan yang lembek!

4. Sayuran

Ingat ya, Beauty, beberapa sayuran hijau berdaun lebar seperti selada, bayam, atau kubis ternyata gakcocok disimpan di tempat bersuhu rendah, terutama freezer.

Pasalnya, es yang menempel di dinding freezer akan menyebabkan permukaan sayur menjadi lebih basah dan berair. Saat disimpan di suhu ruang, es yang menempel di sayuran akan mencair dan menghilangkan tekstur renyahnya. Bahkan membuat sayur layu dan lebih mudah membusuk. Sayuran busuk tentu tak baik untuk kesehatan kita, kan?