Biasanya kita sering meletakkan laptop di pangkuan atau di atas paha kita agar lebih mudah memakainya. Namun, kebiasaan ini ternyata harus segera dihentikan. Pasalnya, kebiasaan meletakkan laptop di atas paha bisa menyebabkan sederet masalah kesehatan lho. Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021).

Bahaya kebiasaan memangku laptop

1. Menyebabkan gangguan kulit

Laptop yang hangat di paha, ternyata menimbulkan masalah lebih serius. Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics mengupas kasus seorang anak berusia 12 tahun yang terkena kondisi kulit yang berubah warna kecoklatan, berbintik-bintik dan menyakitkan.

Gejala yang secara klasik disebut erythema abigne atau sindrom kulit terpanggang itu diakibatkan oleh penggunaan jangka panjang memangku laptop yang ditempatkan di atas paha.

Studi itu juga mencatat 10 kasus lain yang dilaporkan, dan kemungkinan masih banyak lagi yang tidak dilaporkan. Jadi hal ini bukanlah mitos melainkan fakta.

2. Masalah punggung, pundak dan leher

Risiko lain yang terkait laptop adalah nyeri punggung dan leher karena posisi tubuh yang buruk. Laptop tidak selalu ditempatkan di meja khusus seperti komputer biasa. Tanpa disadari, tidak jarang kita terlalu membungkuk saat menggunakan laptop yang diletakkan di lantai, di meja kecil, atau di pangkuan.

Hal ini dapat menyebabkan masalah punggung dan leher. Selain itu, masalah pundak juga dapat muncul akibat membawa laptop dengan posisi yang tidak benar. Penggunaan tas selempang bisa memberatkan satu sisi pundak yang sering dipakai.