Sayuran jadi makanan yang kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tak suka mengonsumsi sayur. Padahal sayur sangat penting dikonsumsi sehari-hari.

Bukan fakta yang mengejutkan bahwa semua sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat makanan yang menyehatkan tubuh. Dan beberapa di antaranya menonjol karena manfaatnya yang luar biasa. Diet tinggi sayuran dapat membantu melindungi tubuh dari kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Serat makanan dari sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan asam folat dalam darah. Pedoman Diet USDA mengklaim bahwa Anda harus mengonsumsi antara 5 dan 13 porsi buah dan sayuran per hari.

Ini setara dengan sekitar 2 hingga 6 cangkir setiap hari, tergantung pada jumlah kalori yang perlu Anda makan untuk mempertahankan berat badan Anda. Itu berarti jika Anda kurang mengonsumsi sayur akan ada efek samping terhadap tubuh.

Nah, dilansir dari laman Boldsky (30/9/2021)berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda kurang makan sayuran:

Sering Lelah

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, maka itu bisa menjadi kekurangan folat atau asam folat. Kekurangan folat menyebabkan kelelahan dan anemia.

Ini juga berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Folat atau asam folat adalah vitamin B9 yang dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua seperti kacang merah, asparagus, lentil, bayam, dan lain-lain. Karenanya, memasukkan sayuran ke dalam diet Anda adalah suatu keharusan.

Baca Juga: Suka Makan Buah Kering? Hati-hati, Bisa Sebabkan Penyakit Jantung Lho!