Beauty, ada sebuah stereotip yang cukup unik dan diyakini oleh banyak orang, yakni wanita cenderung kesulitan untuk membaca peta atau maps jika dibandingkan dengan pria. Relate, kah?

Memang sih, gak semua wanita mengalami kesulitan membaca maps, namun tak sedikit juga dari mereka yang mengakuinya.

Nah uniknya, fenomena ini pun ternyata jadi sorotan sejumlah ilmuwan lho Beauty. Lewat berbagai riset, para ilmuwan itu akhirnya berhasil mengungkap secara ilmiah alasan wanita memiliki kesulitan untuk membaca maps. Kira-kira apa penyebabnya ya? Berikut HerStory rangkum ulasannya.

Kemampuan spasial

Nah, Beauty, menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Illinois di AS, salah satu alasan wanita kesulitanmembaca maps adalah karena perbedaan kemampuan spasial dari pria dan wanita sendiri. Menurut riset, pria memiliki kemampuan spasial yang lebih bagus ketimbang wanita.

Adapun, kemampuan spasial ini adalah yang membuat kamu bisa lebih memahami hubungan antara objek dan ruang atau tempat, dengan lebih baik, Beauty.

Kata peneliti, hal itu dipengaruhi oleh faktor hormonal. Jadi, karena tingkat hormon testosteron pria yang lebih tinggi dibandingkan wanita, membuat pria lebih baik dalam hal navigasi. Uniknya, hipotesis ini pun telah dibuktikan dengan penelitian lanjutan. Dan terbukti, wanita yang diberi tambahan hormon testosteron akan meningkat pula kemampuan navigasi atau membaca mapsnya. Alamak!