Sarapan penting untuk dilakukan karena akan memberikan kita energi untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Selain membantu mengisi perut yang kosong di pagi hari, sarapan juga membantu meningkatkan kinerja otak agar fokus menjalani aktivitas.

Sayangnya, banyak orang sering melewatkan sarapan karena berbagai alasan. Akibatnya, kamu akan lebih lesu dan lunglai ketika beraktivitas.

Berikut ini dampak negatif pada tubuh jika kamu melewatkan sarapan, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (1/10/2021).

1. Berat badan bertambah

Banyak orang beranggapan melewatkan sarapan membantu menurunkan berat badan. Tapi faktanya, melewatkan sarapan justru berkaitan dengan obesitas pada anak-anak, orang dewasa hingga orang tua.

Karena, sarapan membuat orang makan berlebihan di siang hari dan malam harinya. Sedangkan, makan berlebihan di malam hari sebelum tidur berdampak besar pada peningkatan berat badan.

2. Menurunkan suasana hati

Kebiasaan melewatkan sarapan juga berkaitan dengan gangguan mood pada orang dewasa. Orang yang tidak sarapan cenderung sering mengalami depresi.

Selain itu, melewatkan sarapan sebanyak 4 sampai 5 kali seminggu bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 55 persen. Karena, ini juga berkaitan dengan kadar gula darah yang rendah. Saat kadar glukosa darah menurun, hal itu mengakibatkan perubahan suasana hati yang cepat.

Baca Juga: Biar Gak Kambuh, Inilah 4 Menu Sarapan Enak untuk Penderita Maag