Seiring bertambahnya umur, kondisi serta penampilan fisik pun akan ikut berubah. Terutama jika mulai memasuki usia 40 tahun. Moms bisa lakukan beberapa gaya hidup sehat supaya bisa memiliki tubuh yang lebih bugar di usia paruh baya. 

Berikut adalah 5 kebiasaan yang Moms bisa lakukan untuk mengadopsi gaya hidup sehat, dilansir dari Suara.com, Jumat (1/10/2021).

1. Rutin periksa mata

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit mata, misalnya katarak, degenerasi makula akibat usia (AMD) dan glaukoma meningkat.

"Sangat penting untuk periksa ke dokter mata setahun sekali jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata, dan setiap dua tahun jika tidak. Banyak dari penyakit mata ini tidak memiliki gejala pada tahap awal," ujar ahli bedah mata Elizabeth Hawkes.

Pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi diabetes, hipertensi, kondisi autoimun, dan kanker tertentu.

2. Berhubungan seks

Bertambahnya usia membuat libido semakin menurun. Tetapi para ahli menyarankan untuk rutin berhubungan seks dengan pasangan untuk kesehatan.

"Hanya satu orgasme seminggu sudah cukup memberikan manfaat kesehatan mental yang besar," kata pakar seks dan hubungan Kate Taylor.

Selain itu, berhubungan seks juga dapat menghentikan vagina kering yang bisa terjadi seiring bertambahnya usia, membantu menurunkan tekanan darah sekaligus kadar hormon stres kortisol.

Baca Juga: Asyik! 5 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda Lho, Mau Coba?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.