Penyakit kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang enggak sehat. Kalau enggak dikontrol, kolesterol bisa menjadi penyebab munculnya penyakit serius lain.

Makanya, para penderita kolesterol tinggi harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Mungkin sebagai penderita kolesterol, kamu sering tergoda dengan makanan laut, seperti udang dan kepiting. 

Padahal, udang merupakan makanan laut yang memiliki kolesterol paling tinggi di antara lainnya. Misalnya, 100 gram udang mentah mengandung 189 miligram kolesterol. Sementara itu, kepiting memiliki kandungan 55-59 miligram kolesterol.

Nah, lantas bagaimana cara aman mengonsumsi udang dan kepiting supaya kadar kolesterol enggak naik?

Asupan harian yang aman untuk mengonsumsi makanan tersebut yakni 226 gram dalam seminggu. Misalnya, satu porsi udang memiliki berat 85 gram. Dengan begitu, kamu boleh makan udang sebanyak 2-3 porsi dalam seminggu.

Sebab, 85 gram udang saja sudah memenuhi hampir setengah kebutuhan kolesterol per hari menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG). Sementara itu, untuk daging kepiting, kamu masih boleh mengonsumsi 3-4 porsi dalam seminggu.

Baca Juga: Moms, Jangan Khawatir! Ini Cara Masak Santan Tanpa Takut Kolesterol Menghantui

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.