Kolesterol tinggi selalu menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Kini ada temuan baru memaparkan bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara, kata sebuah laporan dari IANS.

Menurut anggota Departemen Farmakologi dan Biologi Kanker di Duke, kolesterol berfungsi seperti hormon estrogen untuk memicu pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara pada wanita.

"Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara obesitas dan kanker payudara, dan khususnya bahwa peningkatan kolesterol dikaitkan dengan risiko kanker payudara, tetapi tak ada mekanisme yang diidentifikasi," kata penulis senior Donald McDonnell, Ketua Departemen Farmakologi dan Biologi Kanker. di Duke dikutip Boldsky (1/10/2021).

"Apa yang kami temukan sekarang adalah molekul, bukan kolesterol itu sendiri. Tetapi, metabolit kolesterol yang berlimpah, yang disebut 27HC meniru hormon estrogen dan secara mandiri dapat mendorong pertumbuhan kanker payudara," tambah McDonnell.

Dikatakan juga bahwa ada hubungan kuat antara kolesterol tinggi dan kanker payudara pada wanita, terutama pada wanita pascamenopause, lapor femalefirst.co.uk. Hormon estrogen mempengaruhi sekitar 75 persen dari semua kanker payudara pada wanita.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi kolesterol tinggi. Dengan demikian, bisa dilakukan pencegahan risiko kolesterol tinggi dan kanker payudara pada wanita.

Berikut adalah beberapa hal yang berkontribusi terhadap kolesterol tinggi:

Diet

Diet merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap risiko kolesterol tinggi. Makan terlalu banyak lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol pasti akan berkontribusi pada tingginya jumlah kolesterol dalam tubuh. Sertakan lebih banyak sayuran dan buah-buahan dalam diet Anda dan buatlah itu seimbang.

Baca Juga: Jangan Dicuekin Jika Masih Sayang Nyawa, Ciri Kanker Payudara Gak Cuma Benjolan, Banyak Ternyata!