Disebut 'Silent Killer', Ini 4 Hal yang Harus Diketahui soal Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai 'silent killer' karena biasanya kondisi ini enggak memiliki gejala yang jelas. Tekanan darah tinggi menyumbang angka kematian yang tinggi di berbagai belahan dunia.

Namun sayangnya, banyak orang yang tak mengetahui bahwa dirinya memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Menurut pedoman, jika tekanan darah Anda lebih dari 130/80 mm Hg (milimeter merkuri), itu dianggap tinggi. Dan Anda perlu melakukan tindakan untuk menghindari komplikasi jangka panjang.

Berikut adalah 4 hal yang perlu Anda ketahui tentang tekanan darah tinggi.

1. Periksa Tekanan Darah Secara Teratur

"Secara umum, disarankan agar setiap orang memeriksakan tekanan darah mereka setidaknya setahun sekali bersama dengan pemeriksaan penting lainnya untuk depresi dan kanker tertentu," kata John Bender, MD, seorang dokter keluarga yang berpraktik di Colorado dan anggota American Academy of Dokter Keluarga.

Frekuensi pemeriksaan tekanan darah tergantung pada masing-masing orang dan situasinya. Misalnya, pemeriksaan tahunan mungkin baik untuk orang dewasa muda yang aktif dengan berat badan ideal, tetapi orang dewasa yang lebih tua mungkin perlu memeriksakan tekanan darah mereka lebih sering.

“Jika seseorang memiliki kondisi kronis lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, atau penyakit ginjal, mereka juga harus memeriksakan tekanan darahnya lebih sering untuk memastikan kontrol yang memadai,” kata Joyce M. Knestrick, PhD, praktisi perawat terdaftar dan presiden bersertifikat. dari Asosiasi Praktisi Perawat Amerika.

Baca Juga: Wow! Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dalam Waktu 3 Menit, Ternyata Ini Lho yang Perlu Kamu Lakukan...