Kolesterol jadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang. Namun, sayangnya masih banyak yang tak sadar betapa bahayanya penyakit ini jika tak segera diatasi dengan serius.

Jika tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi, itu bisa menyebabkanya berbagai penyakit komplikasi, seperti serangan jantung. Hal ini terjadi lantaran kolesterol yang umumnya disebabkan makanan tinggi lemak menghambat pembuluh darah dan itu bisa mengancam nyawa.

Untuk dapat mengatasi kolesterol tinggi, kamu disarankan untuk melakukan diet rendah lemak. Apabila kamu sudah didiagnosis memiliki kolesterol yang cukup tinggi, maka kamu tak lagi bisa makan seenaknya tanpa memerhatikan kandungannya.

Pasalnya, beberapa jenis makanan dilarang dikonsumsi karena kadar kolesterolnya yang sangat tinggi. Hal yang tak kalah penting, kamu juga perlu menghentikan kebiasaan merokok dan juga minum alkohol. Sebab alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol terutama trigliserida di dalam darah.

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan seperti:

1. Serat yang berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum utuh.

2. Produk susu bebas atau rendah lemak.

3. Kacang-kacangan.

4. Ikan dan ayam atau unggas tanpa kulit.

Baca Juga: Moms, Jangan Khawatir! Ini Cara Masak Santan Tanpa Takut Kolesterol Menghantui

5. Makan ikan dua kali seminggu, terutama yang kaya omega-3 seperti tuna, salmon, makerel, teri, dan lele.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.