Kopi memang menjadi salah satu minuman yang ampuh untuk menahan rasa kantuk di malam hari. Selain itu, meminum kopi di malam hari juga bisa menambah rasa nikmatnya. 

Namun, rupanya ada satu hal yang harus diwaspadai ketika meminum kopi di malam hari lho. Meski terlihat sepele, minum kopi di malam hari ternyata bisa berakibat buruk terutama ketika bangun tidur di pagi hari.

Kira-kira bahayanya apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (5/10/2021).

Bahaya Minum Kopi di Malam Hari

Meski kebiasaan ini kerap dilakukan oleh sebagian orang, namun nyatanya minum kopi di malam hari bisa menyebabkan efek buruk bagi tubuh. Konsumsi kopi saat malam hari memang bisa membantu energi bagi pekerja shift malam.

Namun, sebuah studi penelitian tahun 2006 di "Annals of Internal Medicine" menyimpulkan bahwa subjek penelitian yang mengonsumsi kafein di malam hari untuk meningkatkan mengemudi, menghasilkan kinerja yang memadai dibandingkan dengan individu yang tidak menggunakan kafein saat mengemudi.

Akan tetapi, kebiasaan konsumsi kopi di malam hari juga bisa menyebabkan satu masalah kesehatan. Salah satunya, adalah insomnia.

Baca Juga: Kopi Bisa Hempaskan Ketombe di Kulit Kepala? Begini Caranya!