Hingga saat ini, kanker payudara masih menjadi salah satu kanker paling mematikan untuk kaum hawa. Dan ternyata, ada kelompok wanita yang berisiko tinggi alami kanker payudara ini, lho Beauty.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seorang wanita mengalami kanker payudara, seperti:

1. Kelebihan Berat Badan 

Menurut American Cancer Society, berat badan wanita yang berlebihan bisa memperbesar risiko serangan kanker payudaram, lho. Dibanding wanita dengan berat badan ideal, wanita kegemukan berisiko 17% lebih tinggi, dan wanita obesitas punya 58% lebih tinggi mengalami kanker. Jadi, jika gemuk, lakukan diet sekarang juga dan makan makanan bergizi ya, Beauty!

2. Keturunan

Nah, jika kamu punya riwayat keluarga pengidap kanker, entah nenek yang meninggal karena kanker, tante yang punya kanker payudara atau malah keluarga dekat seperti ibu yang mengalami kanker payudara, maka kamu pun harus hati-hati, Beauty! Menurut penelitian, risiko yang diwariskan menyumbang 5 hingga 10 persen risiko kanker payudara.

3. Ras

Siapa sangka, ternyata wanita dari ras Kaukasoid sedikit lebih mungkin terkena kanker payudara daripada wanita Afrika-Amerika, tetapi wanita Afrika-Amerika

lebih mungkin meninggal karena penyakit tersebut. Sementara, wanita Asia, Hispanik, dan Amerika Asli tampaknya memiliki risiko lebih rendah daripada wanita Kaukasoid atau Afrika-Amerika untuk mengembangkan risiko kanker payudara, lho Beauty!

4. Paparan Estrogen

Wanita yang mengalami menstruasi lebih awal, sebelum usia 12 tahun atau mengalami menopause terlambat (setelah usia 55) memiliki risiko kanker payudara yang sedikit lebih tinggi. Kemungkinan karena peningkatan paparan estrogen seumur hidup. Penggunaan kontrasepsi oral saat ini sedikit meningkatkan risiko kanker payudara, tetapi risiko kembali normal setelah pil dihentikan. 

5. Pernah Mengidap Kanker Payudara Sebelumnya

Jika kamu pernah mengidap menderita kanker di satu payudara, kamu berisiko tiga hingga empat kali lipat terkena kanker baru di payudara lain atau bagian lain dari payudara yang sama. 

Baca Juga: Gak Semua Benjolan di Payudara Itu Kanker, tapi Waspada Jika Kamu Dapati Tanda Ini Beauty! Kata Dokter…