Diabetes merupakan gangguan metabolisme yang serius. Masalah kesehatan ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Seperti diketahui bahwa diabetes disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah yang dapat memicu beberapa gejala yang tak diinginkan karena dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan penderita. Artinya, ini membuat tubuh tak memproduksi cukup insulin atau ketika sel tak merespon insulin.

Beberapa gejala utama diabetes antara lain sering buang air kecil, rasa haus yang berlebihan, kelelahan, penurunan berat badan, penglihatan kabur, penyembuhan luka yang lambat, rasa panas di berbagai bagian tubuh, dan lain-lain.

Kesalahpahaman tentang diabetes dapat mempengaruhi bagaimana pasien diabetes untuk melakukan perawatan. Untuk itu, sangat penting mengetahui mana mitos dan mana yang fakta terkait kondisi kronis ini.

Dilansir dari Boldsky (5/10/2021) berikut ini beberapa mitos yang harus diketahui terkait diabetes:

Mitos: Penderita Diabetes Tak Boleh Mengonsumsi Gula

Fakta: Ini adalah salah satu mitos diabetes yang paling umum, bahwa orang dengan diabetes harus makan makanan bebas gula. Ketika Anda menderita diabetes, yang terbaik adalah menghindari karbohidrat.

Tetapi, itu tentu saja bukan berarti Anda harus berhenti memakannya. Anda hanya perlu melakukan diet seimbang.

Baca Juga: Selain Diabetes, Penyakit Ini juga Bisa Rontok Jika Sering Konsumsi Rambutan, Coba Rasakan Khasiatnya!