Moms, apakah kamu sedang menjalani program hamil (promil)? Jadi, sudah barang tentu sebaiknya kamu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, ya.

Ingat, jika kamu makan makanan yang gak tepat, bisa-bisa mempengaruhi perkembangan janin kamu, lho, sehingga berpotensi menimbulkan komplikasi. Duh, jangan sampe deh!

Lantas, apa saja pantangan makanan agar cepat hamil? Dikutip HerStory dari berbagai sumber, berikut daftarnya. Yuk scroll, Moms!

1. Makanan kemasan

Salah satu makanan yang ‘haram’ dikonsumsi Moms yang lagi program hamil adalah jelas makanan kemasan. Sebabnya, makanan ini dapat menganggu kesuburan dengan menurunkan jumlah cairan pria dan sel telur yang sehat. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghindari paparan BPA dengan gak membeli makanan dan minuman kemasan sebagai salah satu pantangan agar kamu cepat hamil, ya Moms!

2. Junk Food

elas banget sih, Moms harus menghindari makanan cepat saji demi kesuksesan program hamil ya. Paslanya, meski memiliki rasa yang lezat, junk food alias makanan cepat saji bisa berdampak buruk terhadap kesuburan pada wanita, lho.

Selain itu, makanan cepat saji diketahui mengandung phthalate, yaitu bahan kimia yang umum digunakan sebagai bahan baku plastik serta produk pembersih rumah. Dalam kadar tinggi, paparan zat ini dapat memengaruhi hormon dan mengganggu kerja sistem reproduksi.

3. Makanan mengandung lemak trans

Selanjutnya, Mos juga dilarang keras makan makanan yang mengandung lemak trans tinggi ya. Pasalnya, makanan ini dapat meningkatkan risiko gangguan ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur) sehingga menyebabkan masalah kesuburan. Lemak trans juga bisa menurunkan sensitivitas insulin, duh!

4. Ikan tinggi merkuri

Asal tahu aja, Moms, merkuri adalah unsur alami yang ditemukan di air laut. Karenanya, beberapa jenis ikan tertentu mengandung merkuri yang sangat tinggi dan gak dianjurkan dikonsumsi.

5. Ikan mentah

Khusus buat Moms penggemar makanan sushi, terutama yang mentah, ada baiknya untuk mengurangi makanan jenis tersebut deh! Karena makanan ini dapat menyebabkan infeksi virus, bakteri, atau parasit, seperti norovirus, salmonella, dan listeria, Moms!

Baca Juga: Sedang Lakukan Program Hamil? Ini Daftar Buah Tinggi Gula yang Perlu Moms Hindari!