Moms, apa kamu menderita asam urat? Asam urat yang tinggi biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi, lho Moms.

Nah selama ini, jika asam urat kembali berulah, obat bisa jadi penolong. Namun, jika kamu ingin cara lain untuk mengatasi kambuhnya asam urat, sebenarnya ada cara di luar penggunaan obat-obatan, lho. Kayak gimana?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara menurunkan asam urat tinggi tanpa obat. Yuk simak!

1. Batasi makanan kaya purin 

Salah satu cara menurunkan asam urat tinggi tanpa obat adalah membatasi makanan kaya purin, Moms. Adapun makanan yang kaya purin di antaranya adalah sarden, ikan teri, remis, bir, produk susu, daging merah, jeroan, serta makanan dan minuman manis.  Sementara itu, makanan dengan kandungan purin sedang meliputi unggas, tiram, udang, kepiting, dan lobster. 

2. Konsumsi makanan rendah purin 

Selagi membatasi makanan kaya purin, asupan makanan rendah purin juga perlu ditingkatkan, Moms. Adapun, beberapa makanan dengan kandungan purin rendah adalah produk susu rendah lemak, selai kacang, buah, sayur, kopi, roti, dan kentang.  Perlu dicatat bahwa perubahan pola makan tidak akan menghilangkan asam urat, ia hanya mencegah kadar asam urat tinggi. 

3. Minum kopi 

Tahu gak, Moms, beberapa penelitian menunjukkan, orang yang minum kopi memiliki risiko lebih kecil terserang penyakit asam urat.  Wanita yang mengonsumsi 1-3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan 22% risiko asam urat dibandingkan dengan mereka yang tak minum kopi. Wow!

4. Konsumsi Vitamin C Secukupnya

Tahu gak, Moms, menurut riset, mengonsumsi suplemen vitamin C 500 mg per hari dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam serum darah, lho. Nah, jika kamu ingin mendapatkan vitamin C secara alami (bukan dari suplemen), kamu dapat mengonsumsi buah-buahan. Tapi ingat, maksimal dosis yang dianjurkan adalah 500 mg per hari. Konsumsi lebih dari 2 gram vitamin C dalam sehari bisa memicu seperti nyeri lambung dan diare, lho Moms!

Baca Juga: 4 Makanan yang Menggoyang Lidah, Tapi Sayangnya Bikin Asam Urat Kumat!