Kolesterol jadi salah satu masalah kesehatan yang paling sering di alami oleh masyarakat di zaman kini. Pasalnya seiring berjalannya waktu masyarakat mengalami perubahan gaya hidup, termasuk mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol.

Tanpa sadar, makanan tinggi kolesterol yang dikonsumsi sehari-hari bisa meningkatkan risiko penyakit yang mengancam nyawa lho. Nah, salah satu makanan yang tinggi kolesterol, namun banyak digemari adalah seafood termasuk udang .

Kenikmatan makanan laut seperti udang dan kepiting membuat sebagian orang lupa diri. Sayangnya, kedua hidangan lezat itu mengandung kolesterol tinggi.

Bahkan, udang merupakan makanan laut yang memiliki kolesterol paling tinggi di antara lainnya. Misalnya, 100 gram udang mentah mengandung 189 miligram kolesterol. Sedangkan, kepiting memiliki kandungan 55-59 miligram kolesterol.

Mengingat kadar kolesterolnya lebih rendah, daging kepiting juga relatif lebih aman bagi orang-orang yang harus mengontrol kadar kolesterol setiap hari. Nah, bagaimana cara aman mengonsumsi seafood termasuk udang agar kolesterol tak naik?

Sama seperti hal lainnya, kamu bisa mengonsumsi udang dalam porsi yang wajar. Selain itu, asupan harian yang aman untuk mengonsumsi makanan tersebut yakni 226 gram dalam seminggu.

Baca Juga: Moms, Jangan Khawatir! Ini Cara Masak Santan Tanpa Takut Kolesterol Menghantui

Misalnya, satu porsi udang memiliki berat 85 gram. Dengan begitu, kamu boleh makan udang sebanyak 2-3 porsi dalam seminggu. Karena, 85 gram udang saja sudah memenuhi hampir setengah kebutuhan kolesterol per hari menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.