Penyakit mata kering merupakan suatu kondisi ketika air mata enggak bekerja dengan baik untuk melumasi mata. Penyakit mata kering ini juga disebabkan oleh banyak faktor. Sudah tahu belum apa saja penyebabnya?

Orang yang menderita penyakit mata kering disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti debu, kering, berangin, dan asap rokok. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh riwayat operasi mata, penggunaan obat tertentu, pemakaian lensa kontak, terlalu lama menatap layar gadget, dan penyakit metabolik, seperti diabetes melitus

Spesialis mata di JEC Eye Hospitals and Clinics, Dokter Damara Andalia, SpM, menjelaskan beberapa gejala yang bisa dirasakan seseorang saat dirinya mengalami mata kering.

Gejala yang bisa dirasakan, seperti ada yang mengganjal di mata, mata sering merah, berair, terasa kering, ada sensasi berpasir, ada kotoran di mata, area mata terasa lengket, dan jadi lebih sering mengucek mata.

Namun, kalau kamu enggak merasakan ada gejala penyakit mata kering, itu bukan berarti kamu terbebas dari risiko mata kering. Menurut penelitian di Rumah Sakit JEC, hanya 40 persen pasien penyakit mata kering yang memiliki gejala, sedangkan 60 persennya enggak memiliki gejala.

"Oleh karena itu, gejala saja enggak bisa diandalkan dalam menilai penyakit mata kering atau dry eye karena dapat berujung pada diagnosis dan penanganan yang enggak optimal," ujar dr. Damara Andalia.

Baca Juga: Beauty, Ini Penyebab Mata Jadi Kering dan Cara Mengatasinya