Kita sering kali mengkombinasikan makanan. Memang rasanya bisa menjadi lebih enak jika kita campurkan satu sama lain. Namun, ternyata kombinasi makanan ini juga memiliki dampak yang bahaya bagi tubuh lho. 

Ini dikarenakan tidak semua makanan cocok untuk dikombinasikan sehingga bisa berbahaya bagi tubuh. Misalnya, nasi goreng dengan timun. 

Kira-kira makanan apa saja ya yang tidak boleh dikombinasikan? yuk, simak penjelasan berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (12/10/2021).

1. Nasi goreng dengan timun

Nasi goreng umumnya dihias dengan potongan timun dipinggirnya. Namun, sayangnya kombinasi ini dapat berbagaya. Peneliti di University of the Basque Country mengatakan bahwa nasi goreng dimasak dengan minyak yang pernah dipakai.

Hal tersebut akan menimbulkan zat aldehida pada makanan yang cukup beracun. Kalau kemudian dikonsumsi dengan timun, maka bukan tidak mungkin akan terjadi proses kimiawi yang menyebabkan radang tenggorokan. Radang muncul karena getah ketimun yang bercampur dengan senyawa tersebut.

2. Susu dan cokelat

Kombinasi ini bisa dibilang adalah yang paling umum dan populer selanjutnya. Ini karena cokelat mengandung asam oksalat yang akan bereaksi dengan kalsium yang terkandung dalam susu dan membentuk endapan yang tidak larut bernama kalsium oksalat.

Zat ini akan terbentuk di dalam usus dan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan di perut.

Baca Juga: Duh Gak Nyangka! Kombinasi 11 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Buat Tubuh, Hindari Ya!