Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat dikelola dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Memiliki tekanan darah tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, mengacu pada tekanan darah terhadap dinding arteri tubuh. Seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang mengarah pada penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan masalah lainnya.

Selain mengonsumsi obat-obatan, ternyata beberapa makanan ini bisa bantu kontrol kadar tekanan darah di tubuh lho. Apa saja ya makanan yang bisa jadi 'obat' alami tekanan darah tinggi ini?

1. Oatmeal

Makan oatmeal secara teratur bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi. Oatmeal dipenuhi dengan serat yang bisa membuat Anda kenyang sehingga proses menurunkan berat badan menjadi lebih efektif.

Selain itu, oatmeal juga mudah dikombinasikan dengan makanan bergizi yang lain.

Baca Juga: 10 Pantangan bagi Penderita Hipertensi, Nomor 10 Sering Jadi Rebutan Saking Nikmatnya!

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.