Perut buncit merupakan kondisi di mana perut memiliki banyak kelebihan lemak. Kondisi ini pun bisa dipicu oleh berbagai macam faktor tak terduga yang salah satunya pola makan yang enggak sehat.

Perut yang enggak buncit pun memang jadi idaman sebagian orang. Salah satu alasannya, yakni untuk menambah kepercayaan diri. Nah, supaya kondisi ini enggak kamu alami, kamu harus tau bahwa ada beberapa makanan yang jadi pemicu perut buncit lho.

Kira-kira makanan apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021).

1. Makanan manis

Makanan manis seprti kue atau permen memiliki kandungan gula yang tinggi. Memang, tubuh membutuhkan gula sebagai sumber energi dalam tubuh, namun jumlahnya yang berlebihan tentu enggak baik buat kesehatan ya Beauty.

Sebuah studi menunjukkan hubungan antara asupan gula berlebihan dengan meningkatnya jumlah lemak di perut. Selain membuat perut buncit, konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi juga memicu penurunan sensitivitas insulin dan meningkatkan risiko diabetes. 

2. Makanan berlemak

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat perut menjadi buncit. Ada 3 jenis lemak makanan yang membuat perut buncit, di antaranya lemak trans, lemak jenuh, dan lemak omega-6. 

Baca Juga: Bisa Bikin Perut Buncit, Inilah 3 Kebiasaan Saat Sarapan yang Harus Kamu Hindari