Beauty, apa kamu penderita penyakit ginjal?

Fyi, pada saat ginjal mengalami masalah, maka organ ini mengalami penurunan fungsi dalam mengatur kadar kalium dalam darah. Sehingga dampaknya, kalium bisa saja menumpuk dalam tubuh dan membuat kondisi ginjal semakin memburuk, lho.

Oleh karenanya, bagi kamu penderita ginjal, Beauty, disarankan melakukan 'diet ramah ginjal', yaitu membatasi makanan tertentu untuk mencegah mineral menumpuk di tubuh.

Nah, salah satu yang harus dihindari adalah mengonsumsi sayuran. Meski sehat, sayuran yang mengandung mineral tinggi, natrium, kalium, potasium, dan fosfor, ‘haram’ dikonsumsi penderita ginjal lho. Karena bisa menekan ginjal hingga dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan ginjal. Duh!

Lantas, apa saja sayuran yang harus dipantang penderita ginjal? Berikut ulasannya Beauty, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021).

1. Kentang

Nah, salah satu sayuran yang harus dihindari penderita ginjal adalah kentang. Sebabnya, kentang termasuk sayuran yang tinggi akan potasium.

Dikutip dari healthline, satu kentang panggang berukuran sedang (156 gram) sudah mengandung 610 mg potasium. Meskipun sudah dimasak dua kali, namun jumlah potasium yang cukup besar masih bisa terdapat pada kentang.

2. Terong

Selanjutnya, sayuran yang gak disarankan penderita ginjal adala terong. Sebabnya, terong mengandung oksalat dan konsentrasi tinggi dalam cairan tubuh dapat membentuk kristal, sehingga menyebabkan batu di ginjal atau kandung empedu.

Inilah sebabnya mengapa penderita masalah ginjal disarankan untuk jauh-jauh dari terong, Beauty!

3. Bayam

Nah Beauty, bayam termasuk sayuran yang kaya akan potasium. Bahkan tahu gak, saat bayam ini disajikan matang, maka kandungan potasium bisa makin meningkat.

Meskipun ukuran porsinya menjadi lebih kecil saat dimasak, kandungan potasiumnya tetap sama. Jadi, jangan nekat makan bayam ya!

Baca Juga: Waspada Penyakit Gagal Ginjal, Ini yang Wajib Kamu Ketahui Moms!