Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami. Penyakit jantung tidak muncul begitu saja pada seseorang. Dikategorikan sebagai penyakit tidak menular, penyakit jantung terjadi karena akumulasi gaya hidup tidak sehat yang dilakukan sejak muda.

Bahkan data dari BPJS Kesehatan menyebut Rp 8,2 triliun biaya dihabiskan untuk mengobati penyakit jantung, menjadikannya penyakit dengan beban terbesar di Indonesia.

Salah satu penyebab penyakit jantung pun adalah adanya tingkat stres yang tinggi atau kronis karena menimbulkan gejala insomnia (sulit tidur di malam hari) dan depresi yang membuat pola hidup jadi tidak sehat.

Namun, terdapat juga beberapa penyebab lainnya. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari Suara.com, Jumat (15/10/2021).

1. Kurang beraktivitas fisik

Jarang beraktivitas fisik atau rebahan terus akan meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, seperti kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

2. Makan makanan tidak sehat

Kandungan lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dalam makanan akan mengakibatkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Terlalu banyak garam atau sodium bisa meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: Lebih Banyak Diderita Wanita, Apa Itu Penyakit Jantung Reumatik? Jangan Disepelein Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.