Menu

Bumil Merapat! Pahami Kebutuhan Nutrisi saat Hamil Ya, Jangan Cuma Makan Asal Kenyang, Simak Saran Dokter Ini

Riana Agustian
21 Oktober 2021 15:47 WIB
Bumil Merapat! Pahami Kebutuhan Nutrisi saat Hamil Ya, Jangan Cuma Makan Asal Kenyang, Simak Saran Dokter Ini

Ginekolog, dr. Darrell Fernando, SpOG., saat sesi webinar “Parenting Zaman Now: Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil Sejak dalam Kandungan”, Kamis (21/10/2021). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat. Untuk itu, wajib bagi ibu hamil alias bumil memperhatikan nutrisi yang diberikan pada anak, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan atau yang biasa disebut Golden Period. Menurut Ginekolog, dr. Darrell Fernando, SpOG., 1.000 Hari Pertama Kehidupan ini dimulai sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan, hingga anak berusia 2 tahun.

Kita tahu bahwa 1.000 Hari Pertama Kehidupan itu sangat bermanfaat dan sangat penting untuk si kecil. Masa ini dimulai sejak 9 bulan di dalam kandungan sampai nanti anak berusia 2 tahun. Karenanya, nutrisi sejak ibu mengandung itu menjadi bekal untuk nanti anak dewasa. Sejak di dalam kandungan sampai anak berumur 2 tahun itu perkembangan otaknya 80%. Jadi kalau dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan itu nutrisinya kurang dicukupi, maka modal dia saat dewasa itu kecil. Mungkin bisa saja cuma 65%, dan ketinggalan itu gak bisa dikejar,” tutur dr. Darrell saat sesi webinar “Parenting Zaman Now: Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil Sejak dalam Kandungan”, sebagaimana dipantau HerStory, Kamis (21/10/2021).

dr. Darrell menjelaskan bahwa terpenuhinya asupan makro dan mikro tak hanya bagus untuk kesehatan ibu, tapi juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan pembentukkan sel-sel tubuh bayi saat berada di dalam kandungan.

Kata dia, nutrisi makro dan mikro yang seimbang juga akan menjaga daya tahan tubuh ibu dan si kecil agar lebih kuat. Khususnya di tengah kondisi pandemi seperti ini, imunitas yang baik akan menjadi bekal penting ibu hamil menghadapi proses persalinan.

“Makronutrien merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk energi bagi ibu hamil, serta membantu membentuk organ si kecil. Karbohidrat, protein, hingga lemak, termasuk ke dalam makronutrien. Sedangkan mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral dapat menunjang pertumbuhan si kecil selama berada di dalam kandungan,” jelas dr. Darrell.