Menu

Gak Mau Kena Penyakit Ginjal Kan? Yuk Terapkan 8 Golden Rules Ini Beauty!

Riana Agustian
22 Oktober 2021 14:25 WIB
Gak Mau Kena Penyakit Ginjal Kan? Yuk Terapkan 8 Golden Rules Ini Beauty!

Ilustrasi Ginjal. (Unsplash/Robina Weermeijer)

HerStory, Jakarta —

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit silent killer, yakni penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Namun meski begitu, nyatanya masih banyak yang kurang memperhatikan kesehatan ginjal. Padahal, sebagai organ tubuh, ginjal sama-sama punya peran vital tak berbeda dengan jantung dan hati, lho.

Ya, berfungsi utama sebagai organ pembersih darah, ginjal bekerja mengeluarkan limbah (sisa-sisa) metabolisme tubuh, seperti ureum, kreatinin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah Beauty, agar ginjal tetap sehat dan berfungsi baik, kamu gak cukup hanya mengatur asupan makanan gizi seimbang aja lho, tapi juga harus melakukan aktivitas fisik membuat tubuh bergerak secara teratur.

Sebagaimana dikutip dari World Kidney Day, setidaknya ada 8 golden rules untuk menurunkan risiko terkena penyakit ginjal. Adapun, 8 aturan itu berkaitan dengan gaya hidup yang sehat. Apa saja?

1. Jangan Malas Gerak!

Untuk mencegah terkena penyakit ginjal, kamu perlu rutin berolahraga, Beauty. Gak perlu olahraga berat, jalan kaki 45 menit setiap hari, lari, dan bersepeda juga cukup, kok!

2. Konsumsi Air yang Cukup 

Ingat Beauty, usahakan kamu minum air putih sebanyak 1.5 – 2 liter per hari ya. Gak cuma itu, kurangi juga konsumsi minuman bersoda atau minuman yang mengandung pewarna dan perasa. Kalau dikonsumsi bertahun-tahun, minuman tersebut dapat menyebabkan gangguan metabolik dan kerusakan ginjal.

Asal kamu tahu Beauty, merokok bakal memperlambat aliran darah ke ginjal. Kalau darah yang masuk ke ginjal hanya sedikit, kemampuan organ tersebut untuk bisa berfungsi dengan baik juga akan terganggu. Merokok juga meningkatkan risiko amu terkena kanker ginjal sebanyak 50 persen, lho! Hiii…

3. Jangan Merokok!

Ini jelas harus dihindari, Beauty! Ya, merokok akan memperlambat aliran darah ke ginjal. Jika darah yang masuk ke ginjal hanya sedikit, kemampuan organ tersebut untuk bisa berfungsi dengan baik juga akan terganggu. Merokok juga meningkatkan risiko amu terkena kanker ginjal sebanyak 50 persen, lho! 

4. Kontrol Kadar Gula Darah

Perlu kamu ketahui Beauty, bahwa sekitar setengah dari penderita diabetes memiliki kerusakan pada ginjal. Jadi, sangat penting untuk kamu mengontrol kadar gula darah di bawah pengawasan dokter, ya!