Menu

Gawat! Waspadai Warna Darah Haid Ini, Bisa Jadi Tanda Gejala Kanker Serviks Beauty

Clara Aprilia
23 Oktober 2021 08:00 WIB
Gawat! Waspadai Warna Darah Haid Ini, Bisa Jadi Tanda Gejala Kanker Serviks Beauty

Ilustrasi Menstruasi. (pinterest/cosmopolitan)

HerStory, Jakarta —

Berbagai warna darah menstruasi bisa menjadi indikator untuk kondisi kesehatan tertentu. Walau begitu, pada dasarnya merupakan hal normal jika darah haid enggak berwarna merah. Warna darah haid bisa merah tua atau coklat, merah muda, abu-abu, dan hitam. Banyak wanita yang khawatir saat mereka melihat darah menstruasi mereka menjadi tampak hitam.

"Darah menstruasi seorang perempuan bisa berubah warna dan tekstur dari bulan ke bulan atau bahkan selama satu periode karena perubahan hormonal, serta pola makan, gaya hidup, usia, dan lingkungan seseorang," ungkap konsultan dokter kandungan, dan ginekolog, Motherhood Hospital, Kharghar, Mumbai, Dr Surabhi Siddhartha, dilansir dari Healthshots.

Namun, infeksi, kehamilan, dan, dalam kasus yang jarang terjadi, kanker serviks, bisa menyebabkan warna darah yang enggak biasa atau pendarahan yang tak teratur juga.

Menurut Dr Siddhartha, ada banyak alasan di balik warna darah haid yang gelap dan hitam, antara lain:

1. Awal atau akhir periode

Pada banyak kasus, variasi dari merah ke hitam ada hubungannya dengan aliran dan waktu darah berada di dalam rahim.

Dr Siddhartha mengatakan, "Saat Anda melihat darah haid berwarna hitam, biasanya ini menunjukkan bahwa haid Anda baru saja dimulai atau berakhir. Ini bakal memakan waktu lebih lama untuk meninggalkan tubuh dan menjadi hitam."

Lihat Sumber Artikel di Dewiku.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Dewiku.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Dewiku.com.

Halaman:

Share Artikel: