Menu

Waspada Leher Hitam pada Anak! Gak Cuma Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Alami Diabetes

Nada Saffana
28 Oktober 2021 07:55 WIB
Waspada Leher Hitam pada Anak! Gak Cuma Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Alami Diabetes

Si kecil habis mandi. (Akurat.co/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes jadi penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar bisa menjaga kesehatan terhindar dari diabetes.

Nah, biasanya diabetes memiliki tanda-tanda yang bisa dilihat secara kasat mata. Salah satunya tanda leher hitam. Ternyata, tanda ini bukan hanya bisa dialami oleh dewasa melainkan juga terjadi pada anak-anak lho moms.

Salah satu tanda penyakit pada anak yang perlu moms waspadai adalah leher hitam. Mungkin moms sering mengira bahwa ini disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan, tetapi ternyata hal ini bisa jadi pertanda suatu penyakit.

Kira-kira penyakit apa yang ditandai dengan leher hitam ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini:

Diabetes

Leher hitam atau juga disebut dengan Acanthosis nigricans yang terjadi pada anak ternyata memiliki hubungan dengan penyakit diabetes. Meski tanda ini sering dianggap sepele, faktanya ini merupakan salah satu gejala diabetes.

Banyak orangtua kurang memperhatikan leher hitam dan menganggapnya daki yang sulit dibersihkan. Padahal sebenarnya, ini disebabkan oleh tekanan darah insulin yang tinggi atau umumnya disebut dengan resistensi insulin.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Share Artikel: