Selama kehamilan banyak wanita yang mengalami kesulitan untuk tidur. Hal ini disebabkan rasa cemas, stres, fluktuasi hormon, dan ketidaknyamanan fisik selama masa kehamilan. Simak tips berikut ini agar kamu bisa tidur dengan berkualitas dan cukup

1. Hidrasi tubuh secukupnya

Minum banyak cairan pada siang hari. Namun, kurangi minum ketika sebelum tidur agar meminimalisir buang air kecil di malam hari.

2. Terus bergerak

Berolahraga secara teratur agar badan sehat optimal. Selain itu, badan banyak bergerak juga meningkatkan sirkulasi sehingga mengurangi kram kaki di malam hari. Hindari berolahraga pada sore hari, olahraga melepaskan adrenalin ke dalam tubuh yang dapat membuat kamu tetap terjaga di malam hari.

3. Kurangi stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan adalah penyebab utama tidur terganggu. Bicarakan apa masalah yang dirasakan, itu sangat efektif untuk meringankan masalah. Temukan teman atau orang profesional yang dapat mendengarkan dan membantumu jika ada masalah dalam hidup yang membuat kamu khawatir atau merasa kesal.

4. Jadikan rutinitas

Jika kamu konsisten saat membuat suasana malammu menjadi menenangkan, menghibur dan santai pasti kamu akan lebih mudah untuk tidur.
Saat menjelang tidur, cobalah beberapa ritual yang menenangkan seperti minum secangkir teh bebas kafein atau susu panas, membaca buku yang menyenangkan, mandi air hangat menggunakan gel shower yang harum, pijat bahu, atau menyikat rambut dengan lembut.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Insomnia di Masa Kehamilan?

5. Pilih posisi yang nyaman

Selama trimester ketiga, pilihan terbaik adalah dengan posisi tidur pada sisi kiri untuk melancarakan aliran darah ke janin, rahim dan ginjal. Hindari berbaring telentang untuk waktu yang lama.

6. Setelah makan, jangan langsung tidur

Untuk mencegah mulas, jangan berbaring dari 1-2 jam setelah makan. Jika mulas menyerang, tidurlah dengan kepala ditinggikan di atas bantal. Selain itu, hindari makanan pedas, asam seperti produk tomat, atau gorengan karena dapat memperburuk keadaan.

7. Tidur Siang

Jika kamu enggak cukup istirahat di malam hari, tidur siang menjadi pilihan karena dapat mengurangi rasa lelah. Temukan tempat yang tenang, dan rileks meski hanya untuk tidur siang setengah jam.

8. Dukung Tubuhmu

Gunakan bantal khusus untuk kehamilan atau bantal biasa untuk menopang tubuh kamu. Demi kenyamanan, cobalah tidur miring ke samping dengan satu bantal di bawah lutut dan di bawah perut.

9. Perhatikan diet

Untuk membuat tidurmu berkualitas, hilangkan kebiasaan mengonsumsi kafein dan alkohol untuk mencegah insomnia. Jika mual adalah masalahmu, cobalah makan camilan hambar seperti kerupuk)sepanjang hari. Jaga agar perut tetap kenyang karena itu membantu mencegah mual.
Makanlah makanan yang seimbang. Selain penting untuk kesehatan kamu dan bayi, hal itu juga menambah nutrisi yang diperlukan. Ketika kenyang, kamu enggak akan nyemil di malam hari karena akan menyebabkan kegelisahan dan insomnia.

10. Jangan ragu untuk dapat bantuan

Kunjungi dokter untuk mendapatkan saran dan nasihat jika masih sulit untuk tidur. Ibu hamil penting untuk mendapatkan waktu istirahat cukup.