Menjadi seorang ibu yang bekerja atau disebut working mom, memanglah tantangan bagi para ibu. Apalagi kamu harus dituntut untuk mengurus rumah tangga kamu dan juga harus menyelesaikan pekerjaan sekaligus. Waduh pastinya terasa berat sekali bukan? Tentunya di masa-masa sulit seperti itu, membuat kamu stres dan kelelahan serta banyak tekanan yang mengelilingimu sebagai working moms. 

Eits, tapi tenang saja wahai para ibu yang bekerja, psikolog Vera Itabaliana, M.Psi memberikan beberapa cara nih untuk mengatasi stres dan beban kamu sebagai working moms. Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (23/05/2020) apa saja ya kira-kira caranya? Yuk, simak ya!

Baca Juga: Cuma Working Moms yang Tahu! 3 Momen Sulit Ini Dirasakan Ibu Ketika Harus Tinggalkan Anak di Rumah Demi Bekerja

Mantapkan alasan kamu bekerja

Cara yang pertama untuk menghadapi stres kamu sebagai working moms, yaitu memantapkan alasan kamu bekerja. Apakah kamu bekerja karena untuk menghidupkan keluarga? Apakah kamu mencintai pekerjaan yang sedang dijalani? Atau alasan lain seperti menyalurkan passion kamu dan cita-cita kamu melalui pekerjaan tersebut?

Menurut psikolog Vera mengatakan bahwa para ibu perlu untuk memantapkan alasannya bekerja agar enggak ada perasaan bersalah sebagai working moms, seperti harus meninggalkan anak, dan lainnya. 

Bagi tugas berdua dengan suami

Supaya kamu enggak terlalu merasa beban untuk mengurus rumah tangga dan pekerjaan, mintalah bantuan kepada suami kamu untuk mengurangi rasa stres. Misalnya, suami kamu bertugas untuk menyapu, ngepel, mencuci baju, atau memasak saat kamu belum di rumah. Sedangkan kamu bertugas untuk mengurus anak, menyetrika, mencuci piring, dan lainnya. 

Kamu dan suami juga harus memastikan siapa yang harus menjaga atau membawa  anak kekantor ketika sedang bekerja. Hal ini enggak boleh sampai miskomunikasi ya Beauty! Karena kalau sampai terjadi hal seperti itu, bisa terjadi pertengkaran

Baca Juga: Ingin Mengasah Kreativitas Sang Anak? Yuk Coba Cara Ini Wahai Para Ibu!

Atur waktu dengan baik

Berbagai kesibukan yang kamu alami, dapat mengatur waktu dengan sebaik mungkin. Psikologi Vera menyarankan untuk menjauhi hal-hal yang berat pada pagi hari, supaya enggak kelelahan dan gelisah ketika berangkat kerja. Contohnya, seperti menyiapkan bekal anak pada malam hari, supaya enggak merasa kelelahan di pagi hari.

Istirahat sebelum pulang ke rumah

Setelah menyelesaikan berbagai pekerjaan di kantor, alangkah baiknya kamu istirahat sejenak sebelum pulang ke rumah. Misalnya, membeli minuman, belanja, menghirup udara segar, dan lainnya. Hal ini, supaya emosi kamu dapat dikendalikan ketika sudah berada di rumah. Menurut psikolog Vera mengatakan bahwa ibu perlu bertukar dari 'saya di kantor' dan 'saya sebagai ibu'. Jadi saat masuk ke rumah, mood kamu jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat ya!