Beauty, pastinya kamu akan merasa risih bukan dengan keringat berlebih yang mengucur di area wajah? Selain membuat makeup cepat luntur, keringat pada wajah bisa memicu timbulnya minyak berlebih atau sebum. Yang mana bisa mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat di wajah. Kalau sudah begini, bikin penampilan makin enggak pede bukan?

Keringat yang keluar secara berlebihan di wajah disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya karena faktor kegemukan. Kelebihan berat badan cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak, hal ini dikarenakan tubuh menyimpan kelebihan mineral yang harus dikeluarkan kelenjar keringat. Semakin banyak lemak yang tersimpan, semakin banyak pula keringat yang muncul di wajah secara berlebihn.

Baca Juga: Mawar dan 4 Jenis Bunga Ini Sering Dimanfaatkan Sebagai Perawatan Kecantikan, Khasiatnya Enggak Kaleng-Kaleng!

Bisa diatasi engakk sih? Tenang aja Beauty! Ada bahan alami dengan memiliki kandungan tertentu yang mampu mengatasi kerinngat berlebih pada wajah. Penasaran dengan bahan alami apa saja yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/5/2020), berikut beberapa di antaranya.

Cuka apel

Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, cuka apel memiliki sifat alkali yang dapat menghilangkan keringat dan minyak berlebih pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakan cuka apel ini layaknya toner. Gunakan secara rutin selama seminggu sekali untuk mencegah keringat yang berlebih pada wajah.

Atau kamu bisa memanfaatkannya dengan cara dikonsumsi secara langsung. Konsumsi cuka apel yang dicampur dengan madu, setengah jam sebelum makan setiap harinya. Selain mengurangi keringat yang berlebih, sampuran ini juga mampu mentasi bau badan lho.

Lidah buaya

Kamu juga bisa memanfaatkan lidah buaya, Beauty! Gel pada lidah buaya dipercaya mampu mengontrol keringat berlebih akibat panas. Kalau kamu ingin mengurangi keringat berlebihan di wajah secara instan, kamu bisa mengolesi gel lidah buaya ke wajah dan diamkan hingga kering, bilas setelahnya. Lidah buaya dipercaya mampu mengatasi minyak pada wajah juga lho!

Baca Juga: Dear Wanita! Ini Cara Biar Make up Enggak Mudah Luntur Karena Keringat

Jus tomat

Nah, selanjutnya kamu bisa memanfaatkan tomat untuk mengatasi minyak berlebih di wajah. Olah tomat menjadi jus dan minum setiap hari untuk mengontrol keringat berlebih pada tubuh. Seminggu sekali, kamu juga bisa menjadikan tomat ini sebagai masker wajah untuk hasil yang lebih maksimal.

Es batu

Lebih gampangnya lagi, kamu bisa lho mengandalkan es batu untuk mengurangi keringat berlebih di wajah. Bungkus segenggam es batu dalam kain dan aplikasikan pada wajah selama beberapa menit. Cara ini akan efektif menutup pori-pori dan secara efektif menjegah wajah berkeringat.

Semoga bermanfaat!