Perfilman di Indonesia sudah menjadi 'rumah' untuk sutradara kondang Gina S Noer. Biasa membuat film, ia baru saja merilis series bergenre drama komedi keluarga minang, Saiyo Sakato. Series ini menjadi salah satu konten unggulan GoPlay Original.

Tak melulu melalui film, Gina mengaku senang menjalankan series ini sebagai medium baru untuk menyampaikan pesan moral. Dalam keefektifan penyampaian pesan, series ataupun film memiliki perbedaan.

"Sebenernya kalau film sama series sekarang apalagi kalau berkaca dari hollywood terus bisa streaming gini membuka hasanah penceritaan yg baru," ujar Gina.

Baca Juga: Alasan Gina S Noer Sering Sutradarai Film dan Series Cerita Keluarga

Bagi penulis, series itu sebuah kepuasan ketika bisa eksplor setiap karakternya. Film atau series pada dasarnya ia selalu menulis dengan kualitas yang sama.

"Untuk apapun mediumnya kualitasnya sama, tapi biasanya kami melihat isunya lebih optimal di mana, bagaimana kita menguliknya, kita kuak karekternya. Ibaratnya kalo novel sama cerpen ya ini novelnya," jelas sutradara yang baru saja memenangkan piala citra itu.

Series Saiyo Sakato ini menarik karena ada hal-hal yang sebenarnya ada, namun enggak  mau diomongin. Untungnya sekarang ada medium series ini karena Gina merasa enggak cukup kalau drama komedi ini dikemas beberapa menit saja.

Meski begitu dalam membuat series ini tentunya Gina memiliki kesulitan.

"Sulitnya adaalah harus menjaga kualiatas episode ini. Ada kesempatan disetiap episodenya untuk eksplor kalo misalkan kurang informasi, masih kurang rasa, episode selanjutnya ditingkatin," tutupnya.