Menu

Moms Wajib Tahu, 3 Perbedaan Anak Hiperaktif dan Autisme yang Nyaris Serupa Ternyata Sangat Berbeda

17 November 2021 17:20 WIB
Moms Wajib Tahu, 3 Perbedaan Anak Hiperaktif dan Autisme yang Nyaris Serupa Ternyata Sangat Berbeda

Ilustrasi anak hiperaktif dan autis bermain bersama. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Sukabumi —

Moms mungkin sering mendengar kata autis dan hiperaktif pada anak yang terlalu aktif ketika bermain dibandingkan anak yang lain. Faktanya, keduanya merupakan hal yang sangat berbeda. 

Meski berbeda, tak menutup kemungkinan keduanya bisa saja terjadi secara bersamaan. Kondisi ini yang membuat semakin sulit untuk membedakan keduanya. 

Pasalnya, anak dengan kondisi tersebut mengalami sulit berkonsentrasi atau fokus, berperilaku impulsif, sulit berkomunikasi dan menjalin hubungan interpersonal. Sehingga terkadang anak dengan gangguan perilaku hiperaktif seringkali dikaitkan dengan autis. 

Secara sederhananya, perbedaan dari hiperaktif dan autisme cukup mudah untuk dilihat. Dimana, hiperaktif mempengaruhi cara otak tumbuh dan berkembang sedangkan autisme adanya gangguan perkembangan yang meliputi kemampuan bahasa, kemampuan belajar, perilaku dan interaksi sosial. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak 3 perbedaan anak hiperaktif dan autisme yang wajib Moms ketahui, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber (17/11/2021)

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: