Jerawat adalah gangguan masalah kulit yang sering dialami sebagian orang. Enggak hanya di wajah, jerawat juga dapat timbul di daerah punggung, ketiak, dan leher. Selain itu, munculnya jerawat di vagina juga bisa lho. Kondisi seperti ini sering membuat penderitanya merasa enggak nyaman dan merasa sangat terganggu. 

Walaupun begitu, kamu perlu tahu apa penyebabnya jerawat timbul di vagina. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/05/2020) kira-kira apa ya penyebabnya? Yuk, dicatat!

Baca Juga:Katanya, 5 Bahan Alami Ini Bisa Cerahkan Area Miss V Lho, Catat Baik-Baik Ya!

 Folikulitis

Folikulitis merupakan peradangan pada folikel rambut kemaluan karena bakteri dan jamur. Faktor penyebab folikulitis adalah karena sering mencukur rambut kemalan.

Penggunaan cukuran yang enggak bersih, membuat kulit daerah vagina iritasi dan infeksi, serta dapat memicu timbulnya jerawat yang banyak di kemaluan. Waduh, hati-hati Beauty! Jangan lupa menjaga kebersihan ya.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan kulit akibat terkena zat atau bahan kimia tertentu, Seperti sabun wewangian, alat kontrasepsi, obat oles, dan lainnya yang dijual bebas. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada kemaluan.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Molluscum contagiosum

Molluscum contagiosum merupakan infeksi dari virus yang menyebabkan timbulnya benjolan seperti jerawat. Penyakit ini bisa timbul di mana saja, termasuk daerah vagina. Biasanya untuk mencegah, kamu harus membeli obat oles atau obat yang diresepkan dokter.

Hidradenitis suppurativa (HS)

Hidradenitis Suppurativa atau acne inversa merupakan infeksi yang disebabkan oleh keringat. Biasanya karena kondisi vagina berkeringat dan lembap, mampu memicu timbulnya lesi yang mirip dengan jerawat di daerah kemaluan. Penanganannya bisa dengan obat yang diresepkan dokter atau operasi.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan vagina kamu agar terhindar dari berbagai masalah, seperti keputihan, jerawat, dan lainnya.

Semoga bermanfaat ya Beauty!